Friday, November 05, 2004

Beberapa tips berkosmetik dengan aman - Bagian 2

1. Sebelum menggunakan kosmetik, semua informasi dan aturan pada kemasan perlu dibaca dan dipahami secara benar.

2. Menyimpan kosmetik dalam keadaan tertutup rapat jika tidak sedang digunakan untuk mencegah penguapan dan masuknya kotoran atau bakteri.

3. Dianjurkan untuk selalu mencuci tangan terlebih dahulu saat akan membubuhkan kosmetik pada bagian kulit yang juga sudah bersih.

4. Selalu bersihkan handuk pengering muka dan kebersihan kotak kosmetik (puff bedak) harus dijaga. Bantalan puff bedak jangan dipakai jika kulit sedang meradang karena infeksi, bakteri mudah menyebar.

5. Hindari paparan sinar matahari langsung untuk mencegah rusaknya pengawet dalam sediaan kosmetik.

6. Jangan menggunakan kosmetik mata saat mata sakit atau terinfeksi juga kosmetik wajah lainnya.

7. Jangan menambahakan bahan – bahan lain pada sediaan kosmetik jika tidak ada petunjuknya (contoh: menambah air pada bedak, dll).

8. Jangan menggunakan kosmetik yang telah mengalami perubahan warna atau bau karena kemungkinan pengawet sediaan kosmetik tersebut sudah tidak berfungsi membunuh bakteri.

9. Jika pernah alergi terhadap suatu zat dalam kosmetik tertentu, coba bubuhkan dahulu sedikit di kulit tangan. Jika selama 24 jam terjadi reaksi alergi, jangan gunakan produk kosmetik tersebut.

10. Biarkan kulit istirahat tanpa kosmetik saat berada dalam rumah.

11. Diusahakan memprioritaskan penggunaan obat kulit dari dokter karena lebih aman. Jika menggunakan obat kulit yang bebas, namun aman, perhatikan label pemakaian, izin Departemen Kesehatan serta jenis kandungannya. (DMH)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home