Wednesday, November 03, 2004

KAPAN MINUM OBAT JIKA SEDANG PUASA? Bagian 1

Sejak dahulu, puasa sudah menjadi tradisi, entah untuk tujuan yang berhubungan dengan kepercayaan, keagamaan, kepentingan medis, atau lainnya. Beberapa orang, misalnya, secara rutin menjalani puasa setiap hari senin dan kamis. Pada kebudayaan masyarakat jawa dikenal berbagai jenis puasa, seperti ngrowot, mutih, pati-geni, weton dan masih banyak lagi. Mereka mempercayai bahwa puasa adalah salah satu bentuk “tirakat” untuk lebih mendekatkan diri pada sang maha pencipta.
Puasa bagi umat Islam ada yang hukumnya wajib, namun ada pula yang sunah. Khususnya di bulan Ramadhan, puasa merupakan ibadah wajib, sehingga harus tetap dijalani bagaimanapun kondisinya, termasuk jika sedang sakit. Secara ilmiah, puasa dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan fisik maupun mental, sehingga apabila dipersiapkan dengan baik, puasa bahkan bisa ikut mempercepat penyembuhan bermacam penyakit.
Ketika berpuasa kita memberi kesempatan saluran percernaan kita untuk beristirahat. Pada saat seperti ini metabolisme tubuh umumnya menurun, yang akhirnya dapat menurunkan pula kadar lemak dalam darah, kadar gula dalam darah, serta tekanan darah sistolik. Sehingga puasa dapat bermanfaat bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, penderita diabetes melitus atau kencing manis yang tidak tergantung pada insulin, baik yang ringan maupun yang sedang dan juga penderita asam urat.
Karena dapat menurunkan kadar lemak dalam darah, puasa juga sangat baik untuk penderita obesitas atau kegemukan yang ingin mencapai kondisi berat badan ideal. Bagi penderita maag atau dispepsia ringan, terutama yang lebih banyak dipengaruhi oleh faktor stres, puasa dapat membantu mengendalikannya karena pada saat itu kondisi kesehatan psikologis sedang meningkat.
Bagi penderita-penderita penyakit tersebut diatas, obat merupakan konsumsi yang tidak kalah pentingnya dibandingkan dengan konsumsi makanan sehari-hari. Mereka bahkan menjadikan pembelian obat sebagai prioritas utama budget bulanan. Akan tetapi penderita sering dihadapkan pada kesulitan pengaturan waktu meminum obat ketika sedang menjalani puasa. Jadi, bisakah mereka tetap berpuasa sementara harus rutin minum obat? (HPP)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home