Wednesday, November 03, 2004

PERSIAPAN MUDIK - Obat apa yang perlu dipersiapkan ? Bagian 1

Tidak lama lagi umat muslim akan menyambut datangnya hari yang berbahagia yaitu Idul Fitri (atau yang biasa dikenal dengan Lebaran). Hal ini tak lepas dari tradisi ‘mudik’ yang biasa dilakukan masyarakat terutama yang sedang merantau. Bagi mayarakat, mudik tidak hanya sekedar ‘pulang kembali ke kampong asal’ tetapi didalammya juga terkandung makna yang lebih dalam baik itu religius maupun sosialisasi. Oleh karena itu jauh-jauh hari harus sudah dipersiapkan agar kita dapat memperoleh kepuasan saat melaksanakan mudik.
Tentunya banyak sekali hal-hal yang dipersiapkan terutama oleh kaum ibu mulai dari baju, hidangan , dan lain sebagainya untuk menyambut lebaran dan melakukan tradisi mudik. Salah satu yang tidak kalah penting adalah persiapan kesehatan dan obat-obatan yang perlu dibawa pada saat tersebut. Karena sangat disayangkan sekali apabila kenikmatan dan keindahan berkumpul bersama keluarga saat mudik menjadi tidak sesuai dengan yang direncanakan hanya karena anda sakit akibat kelalaian anda.
Persiapan atau perencanaan tersebut perlu disusun secara cermat dan teliti mulai dari sebelum berangkat, mempertimbangkan hal-hal yang mungkin dialami saat di perjalanan, dan sesampainya di tempat tujuan.

SEBELUM BERANGKAT

Jika anda tidak sedang menngunakan pengobatan rutin :
Pertama yang harus anda dilakukan adalah chek up ke dokter keluarga anda untuk memastikan bahwa anda cukup sehat untuk untuk mengadakan perjalanan. Perlu juga untuk ditanyakan tentang kemungkinan anda untuk terserang TBC, hepatitis, dan diare serta apakah anda memerlukan vaksin untuk mencegah terserang infeksi yang mungkin sedang terjangkit di daerah tujuan anda.

Jika anda menggunakan pengobatan rutin :
Untuk pasien yang menggunakan pengobatan rutin jangka panjang seperti penderita penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi. Persiapkan persediaan obat yang harus anda minum/gunakan selama bepergian karena beberapa obat mungkin tidak tersedia di tempat tujuan anda atau membutuhkan resep dari dokter lokal untuk membelinya.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home