Friday, November 05, 2004

PERSIAPAN MUDIK - Obat apa yang perlu dipersiapkan ? Bagian 2


DALAM PERJALANAN

Mabuk Perjalanan
Obat yang mengandung bahan aktif Dimenhidrinat bisa digunakan untuk mencegah mabuk dalam perjalanan. Contohnya seperti Antimo, Amocaps, Dramamine. Obat tersebut memiliki efek samping mengantuk. Minumlah 30 – 60 menit sebelum perjalanan. Untuk pemilihan obat yang tepat bagi anda, dapat ditanyakan pada dokter atau apoteker. Jangan meminum minuman yang mengandung alkohol saat menggunakan obat-obat tersebut, karena dapat terjadi interaksi dan membuat anda merasa sangat ngantuk.

Dehidrasi dan Masalah Ruangan
Masalah ini sering terjadi pada anda yang bepergian dengan menggunakan pesawat, yaitu udara kering di ruangan membuat kita mudah terdehidrasi terutama jika mengkonsumsi alkohol. Oleh karena itu minumlah banyak air dan batasi jumlah konsumsi alkohol. Masalah lain yang dapat muncul juga adalah jika anda duduk terlalu lama karena dapat menyebabkan sirkulasi darah terganggu. Anda bisa coba untuk berdiri, jalan-jalan di sekitar ruangan, atau senam lutut dan tumit untuk relaksasi sehingga aliran darah anda kembali normal.

Menstruasi
Bagi kaum wanita yang ingin menunda menstruasi selama acara mudik dapat menggunakan obat yang mengandung Noretisteron. Contoh yang ada di pasaran ; Primolut N, Regumen.
Aturan pakai Noretisteron adalah digunakan sehari tiga kali satu tablet selama 10-14 hari dimulai 3 hari sebelum perkiraan waktu menstruasi.

SESAMPAINYA DI TEMPAT TUJUAN

Gigitan Serangga
Ada beberapa mikroba, virus, dan protozoa parasit yang menyebabkan penyakit disebarkan melalui gigitan serangga contohnya yang sering melanda di Indonesia adalah malaria dan demam berdarah. Oleh karena itu mencegah gigitan serangga dapat mengurangi resiko terkena penyakit tersebut. terutama jika anda merencanakan untuk melakukan kegiatan di luar rumah.
Sediaan pengusir serangga misalnya pengusir nyamuk (Autan, Sari Puspa, Lavenda) juga perlu dipersiapkan. Yang harus diingat adalah pada saat menggunakan sediaan ini jangan sampai terkena mulut dan mata, jangan digunakan pada kulit yang terluka maupun yang sedang teriritasi, tidak dianjurkan untuk anak-anak yang berusia di bwah 8 tahun.

Pencegahan Malaria
Jika anda bepergian ke daerah yang kemungkinan besar bersiko tertular malaria, maka dianjurkan untuk meminum obat anti malaria 1-2 minggu sebelum pergi agar efek samping yang tidak diharapkan telah muncul semua.
Dan jika anda meminum obat anti malaria ketika anda bepergian, maka lanjutkan penggunaannya ketik anda pulang ke rumah selama 4 minggu.(AIS)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home