Monday, November 08, 2004

PERSIAPAN MUDIK - Obat apa yang perlu dipersiapkan ? Bagian 3

DIARE
Mengkonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi sering menyebabkan diare bagi orang yang sedang bepergian, untuk menghindarinya disarankan:
z Jangan membeli makanan yang dijajakan di jalan
z Hindari menkonsumsi daging dan ikan yang tidak segar dan tidak dimasak
z Hati-hati mengkonsumsi buah dan sayur yang tidak dicuci dengan air matang, tidak dikupas, atau tidak dimasak
z Hanya minum air matang atau air kemasan, hindari es dalam minuman karena mungkin saja air yang digunakan untuk membuat es batu adalah air mentah.
z Ketika menggosok gigi gunakan air matang.
Pada umumnya diare ini bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu yang tidak lama. Jadi perhatian utama kita adalah mencegah dehidrasi (terutama pada anak-anak) dengan pemberian cairan rehidrasi. Contohnya : Oralit®, Pharolit®, Bioralit®.
Untuk mengurangi frekuensi buang air besar, dapat digunakan obat yang mengan-dung Atapulgit seperti : Bodiar®, Fitodiar®, Mo-lagit®. Apabila gejala yang dirasakan tidak berkurang maka anda dapat menggunakan obat yang mengandung Loperamida seperti : : Imodium®, Lodia®, Motilex®. Loperamida ini tidak boleh diberikan untuk anak yang berusia kurang dari 12 tahun.
Hentikan pengobatan dan segeralah berkonsultasi ke dokter jika:
z Diare telah terjadi selama 48 jam dan kondisinya tidak membaik
z Disertai demam yang tinggi
z Buang air besar disertai darah (terlihat adanya darah pada kotoran)

SINAR MATAHARI
Sinar matahari dapat merusak kulit anda, bahkan jika cukup parah dapat menyebabkan kanker kulit. Oleh karena itu harus dihindari paparan langsung sinar matahari apalagi pada saat terik (11.00 – 15.00) dengan menggunakan tabir surya. Contoh tabir surya yang ada di pasaran antara lain produk Nivea®, Ponds®, Sariayu®, dan la-in sebagainya. Produk tersebut pada umumnya digolongkan dalam produk perawat-an dan kecantikan.
Gunakanlah tabir surya 30 – 60 menit sebelum bepergian dan gunakan lagi setelah berenang atau mengeluarkan keringat yang cukup banyak. Jangan lupa membawa payung atau topi untuk membantu melindungi anda dari sengatan sinar matahari. (AIS)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home