Wednesday, November 10, 2004

PERSIAPAN MUDIK - Obat apa yang perlu dipersiapkan ? Bagian 4

KONSTIPASI
Konstipasi atau susah buang air besar merupakan salah satu masalah gangguan pencernaan yang bisa terjadi pada saat anda mudik. Hal ini bisa terjadi pada umumnya karena perubahan pola makan dan bisa juga karena jenis makanan yang anda konsumsi saat mudik berbeda dengan yang anda konsumsi sehari-hari.
Untuk melancarkan buang air besar anda dapat menggunakan obat yang mengandung laksansia seperti Dulcolax®, Laxa tab®, Microlax®, dan lain-lain. Dapat juga menggunakan obat yang mengandung preparat enzim, misalnya Laktulosa. Contoh obat yang mengandung Laktulosa adalah : Dulcolactol®, Duphalac®, Lactulax®.

DEMAM, SAKIT KEPALA
Untuk mengatasi sakit kepala ringan dan demam, bisa menggunakan obat yang mengandung Asetosal (contoh : Aspirin®, Con-trexin®, Remasal®), Asetaminofen (contoh : Biogesic®, Dumin®, Pamol®), Asam Mefena-mat (contoh : Ponstan®, Bonapons®, Mefi-nal®).
Jika mengalami gejala demam lebih dari 48 jam yang disertai tenggorokan kering dan kulit kemerahan maka disarankan untuk segera menghubungi dokter.

GATAL
Jika anda mengalami kulit kemerahan dan gatal yang disebabkan alergi, tidak perlu khawatir karena hal ini dapat diatasi dengan pemberian sediaan topical yang mengandung Hidrokotison 1% dalam bentuk krim. Sediaan atau obat tersebut dapat dibeli di apotek tanpa resep dari dokter. Contohnya adalah : Derma-cort®, Erla Neo Hidrokort®, dan lain seba-gainya.

BATUK
Anda mungkin perlu mempersiapkan obat batuk karena terkadang minuman sirup yang banyak disuguhkan saat kita bertamu membuat tenggorokan terasa tidak enak dan bisa saja batuk, Hal tersebut sangat mudah terjadi pada orang-orang yang peka atau bisa juga pada saat kondisi tubuh sedang menurun.
Contoh obat batuk yang dapat digunakan adalah : Benadryl®, Bronchophen®, Cohistan®, dan lain sebagainya.

KOTAK P3K
Jangan lupa membawa kotak P3K yang berisi : kapas, perban, kassa, obat luka, gunting, kompres, dan termometer. Tetapi jangan terpaku pada isi tersebut saja karena Anda dapat melengkapinya sesuai dengan kebutuhan anda. (AIS)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home