Wednesday, December 29, 2004

MENGAPA HARUS DIARE? (Bagian 3)

Terapi

Oral Rehydration Therapy
Serangan diare biasanya dapat diatasi dengan cepat tanpa pemberian obat. Terapi terbaik untuk diare adalah pemberian larutan rehidrasi (ORT) yang berisi cairan dan elektrolit yang diperlukan tubuh karena hilang pada saat diare. Pemberian ORT dimulai segera setelah diare pertama terjadi dan dilanjutkan sampai frekuensi diare berkurang.
Sangat penting diperhatikan bahwa jumlah pelarut untuk melarutkan ORT harus sesuai dengan volume yang tertera pada masing-masing kemasan. Apabila terlalu pekat, justru akan memperparah diare serta dehidrasi. Dianjurkan untuk menggunakan air matang sebagai pelarut, sedangkan softdrink dan minuman yang banyak mengandung gula sebaiknya dihindari. Larutan dapat disimpan tidak lebih dari satu jam pada suhu kamar, atau sampai 24 jam jika disimpan dalam lemari es.
Secara alami diare adalah jalan untuk membuang organisme dari toksin dari usus. Oleh karena itu penggunaan obat antidiare tidak selalu diperlukan. Obat antidiare diberikan hanya sebagai terapi pendamping ORT. (HPP)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home