Sunday, January 16, 2005

AEROSOL atau EROSOL dan Permasalahannya

* Aerosol dan Definisinya
Bentuk sediaan yang mengandung satu atau lebih zat aktif dalam wadah kemas tekan, berisi propelan yang dapat memancarkan isinya, berupa kabut hingga habis, dapat digunakan untuk obat dalam atau obat luar dengan menggunakan propelan yang cocok.

* Apa itu PROPELAN ?
Propelan adalah bagian bahan dari aerosol yang berfungsi mendorong sediaan keluar dari wadah lewat saluran, katup sampai habis.Selain itu juga sebagi solvent atau cosolvent.
Propelan dapat berupa gas yang dimampatkan, gas yang dicairkan atau gas yang dihasilkan dari suatu reaksi kimia dan mempunyai tekanan tertentu.

* Aerosol dan Kandungannya
Selain zat aktifnya, kedalam formula aerosol dapat dtambahkan zat penstabil (pengemulsi, pensuspensi,dll) dan pelarut pembantu.

* Aerosol dan Contoh Sediaannya
Yang termasuk bentuk sediaan aerosol antara lain : serbuk, salep, pasta, krim, emulsi, suspensi dan larutan.
Penggunaanya untuk : pengobatan kulit, oral atau kosmetik seperti krim cukur/shaving cream, hand lotion (krim tangan), shampoo, hair spray, parfum, suntan, body deodorant, sunscreen,dll.

* Aerosol dan Formulanya
Formula aerosol secara umum terdiri dari : Konsentrat / zat aktif, propelan, pelarut, zat pensatbil (pensuspensi, pengemulsi,dll).



* Aerosol dan Wadahnya
Wadah aerosol dapat berupa wadah kaca, wadah logam dan wadah plastik.
(DMH - Staf IOM)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home